Menu

Mode Gelap
Ada Pulau Merak Kecil dan Besar, Cilegon Punya Potensi Pariwisata Seperti Sentosa Island Gelar Demo, Warga Korban Pemagaran dan Pensiunan KS Minta Walikota Cilegon Hadir di Tengah Permasalahan Layaknya Nyoblos Presiden, Warga Kadipaten Menggelar Pemilihan Ketua RT dan RW Secara Langsung Usai Sukses Gelar Khitan Massal, Sanuji Agendakan Nikah Massal PMK Pada Hewan, Presiden: Segera Berikan Vaksin

Gaya Hidup · 24 Nov 2019 08:53 WIB ·

Gaya Hidup Sehat Dengan Mengatur Pola Tidur Yang Tepat


 Gaya Hidup Sehat Dengan Mengatur Pola Tidur Yang Tepat Perbesar

Gaya hidup sehat ditentukan oleh banyak hal dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Misalnya saja Anda tidak bisa untuk tidak berolahraga walaupun menjalankan gaya hidup yang sehat lainnya atau sebaliknya. Oleh karena itulah sangat penting untuk menjalani gaya hidup yang sehat sehingga membuat badan dan pikiran lebih sehat. Salah satu gaya hidup yang sehat tersebut pola tidur yang tepat.

Dengan cukup tidur tidak hanya akan membuat penampilan lebih fresh tetapi juga pikiran lebih jernih dan keuntungan lainnya. Oleh karena itulah penting untuk mengatur pola tidur yang tepat, dan hal tersebut bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Atur waktu tidur

Tips mudah pertama adalah dengan mengatur pola tidur yang sehat, tidak hanya seperti kata orang dan ahli yang tidur cukup harus 8 jam sehari tetapi juga memperhatikan hal lain. Karena ada waktu tidur yang tepat dimana tidur paling nyenyak akan didapatkan ketika pukul 12 hingga pukul 2 pagi. Sehingga usahakan pada jam tersebut Anda sudah tidur terlebih dahulu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Sehingga waktu tidur tersebut harus diatur dengan baik seperti dari pukul 10 malam hingga jam 6 pagi. Atau bisa disesuaikan dengan jam kerja masing-masing untuk mendapatkan waktu tidur yang tepat.

  • Pasang alarm

Tips selanjutnya untuk gaya hidup sehat untuk mengatur pola tidur adalah pasang alarm dengan waktu yang tepat. Banyak orang yang walaupun sudah memasang alarm dan mengumpulkan niat untuk bangun tetap saja akan menundanya dengan memegang tombol snooze pada handphone. Sehingga mereka akan tertidur kembali dan membuat rutinitas waktu tidur yang dipunyai jadi terganggu. Oleh karena itulah akan sangat bermanfaat untuk selalu bangun tepat waktu ketika alarm yang dipasang sudah berbunyi.

  • Mengkonsumsi makanan tepat

Hal lainnya yang harus diperhatikan untuk membuat pola tidur agar seimbang dengan gaya hidup yang sehat lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat. Misalnya saja bisa mulai dengan menghindari atau mengurangi jumlah kafein yang dikonsumsi setiap harinya. Selain itu juga hindari mengkonsumsi alkohol, makanan pedas, dan makanan asam sebelum tidur.

  • Mempunyai kebiasaan sebelum tidur

Hal selanjutnya ketika ingin menjalankan gaya hidup sehat dengan waktu tidur yang tepat dan mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan mempunyai kebiasaan sebelum tidur. Hal tersebut akan membantu untuk tertidur lebih cepat setelah tubuh sudah terbiasa untuk melakukan rutinitas yang dilakukan setiap malam. Seperti misalnya dengan cuci muka, memakai masker, membaca buku, menulis diary, melihat sosial media sebentar dan lainnya. Kebiasaan ini akan lebih mudah untuk membuat tidur lebih cepat dan istirahat akan lebih nyaman.

Artikel ini telah dibaca 233 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Cilegon Ajak Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan

18 Mei 2021 - 16:30 WIB

HKN Ke 56, Kabag Umum RSUD Cilegon Ajak Masyarakat Berikan Semangat Para Pejuang Kesehatan

12 November 2020 - 16:42 WIB

Lawan Covid-19, KIEC Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kawasan Industri Krakatau I dan II

14 Oktober 2020 - 12:01 WIB

PWI Akan Swab Anggotanya Demi Cegah Covid-19

8 Oktober 2020 - 22:53 WIB

Pegawai PDAM Tirta Dites Swab

6 Oktober 2020 - 01:08 WIB

Antisipasi Penyebaran Covid-19, BPJS Pandeglang Terapkan Layanan Daring

28 September 2020 - 18:47 WIB

Trending di Kesehatan
error: Content is protected !!