Menu

Mode Gelap
Ada Pulau Merak Kecil dan Besar, Cilegon Punya Potensi Pariwisata Seperti Sentosa Island Gelar Demo, Warga Korban Pemagaran dan Pensiunan KS Minta Walikota Cilegon Hadir di Tengah Permasalahan Layaknya Nyoblos Presiden, Warga Kadipaten Menggelar Pemilihan Ketua RT dan RW Secara Langsung Usai Sukses Gelar Khitan Massal, Sanuji Agendakan Nikah Massal PMK Pada Hewan, Presiden: Segera Berikan Vaksin

Pemerintahan · 4 Agu 2022 14:15 WIB ·

Bersih-bersih Situ Rawa Arum, Pemkot Cilegon Wacanakan Jadi Destinasi Wisata


 Bersih-bersih Situ Rawa Arum, Pemkot Cilegon Wacanakan Jadi Destinasi Wisata Perbesar

HARIANBANTEN.CO.ID, CILEGON – Pemkot Cilegon beserta Forkopimda dan LSM Gappura Banten adakan kegiatan bersih-bersih di Situ Rawa Arum yang berlokasi di Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Gerogol, Kamis (4/8/2022).

Selain dilakukan oleh masyarakat sekitar dan Anggota LSM Gappura Banten, kegiatan bersih-bersih Situ Rawa Arum tersebut juga diikuti oleh Anggota Lanal Banten serta Polairud Banten.

Melalui kegiatan bersih-bersih tersebut, Pemkot Cilegon ke depan mewacanakan untuk menjadikan Situ Rawa Arum sebagai salah satu destinasi wisata di Cilegon.

“Kami sangat mengapresiasi, alhamdulillah hari ini disaksikan langsung oleh Ibu Kajari, Pak Danlanal, serta LSM Gappura Banten, dimana kita berkolaborasi dengan masyarakat sekitar dalam rangka membersihkan Situ Rawa Arum dari sampah-sampah,” kata Walikota Cilegon Helldy Agustian.

Walikota menyampaikan, menjadikan Situ Rawa Arum sebagai destinasi wisata merupakan impian masyarakat khususnya di Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Gerogol.

“Kali ini kita ingin mewujudkan juga, Insya Allah tempat ini sebagai tempat destinasi wisata di Cilegon, di Situ Rawa Arum. Tentunya ini adalah dream (mimpi) masyarakat Rawa Arum yang selama ini tadi sudah disampaikan oleh Pak Husen dalam rangka perjalanan panjang. Kami memohon maaf karena tidak semua bisa kita selesaikan dalam waktu yang singkat, ini adalah bagian dari pada proses,” ujarnya.

Walikota menuturkan, Pemkot Cilegon nantinya akan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk mewujudkan impian menjadikan Situ Rawa Arum sebagai destinasi wisata.

Hal itu, lanjut Helldy, untuk meningkatkan PAD Kota Cilegon, serta peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kalau kita punya kan tadi sudah disampaikan 8,2 hektare. Apakah nanti kita akan bekerjasama, apakah nanti provinsi akan beli, apakah nanti bekerjasama, kan sebelah-sebelah ini masih kosong. Tadi kemarin sih kita melihat bisa di angka 15 hektare ya,” tuturnya.

Situ Rawa Arum sendiri diketahui saat ini dikelola secara swadaya dan mandiri oleh LSM Gappura Banten sebagai bentuk kepedulian dan pelestarian lingkungan.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi II DPRD Cilegon, sangat mendukung dan mendorong wacana menjadikan Situ Rawa Arum menjadi destinasi wisata di tengah berkembangnya industri di kota baja.

“Kami sangat mendukung wacana tersebut, bahkan kami juga akan mendorong industri yang ada di Cilegon ini untuk terlibat dalam mewujudkan Situ Rawa Arum menjadi destinasi wisata. Intinya nanti siapa pun yang mengelola Rawa Arum ini, kami harap dapat berkolaborasi baik dengan pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LSM Gappura Banten Husen Saidan mengatakan, pihaknya bersyukur dengan wacana tersebut. Namun demikian, Husen berharap Pemkot Cilegon dapat merealisasikan wacana tersebut.

“Kami sangat bersyukur dengan perhatian pemerintah, akan tetapi kami harap itu bukan hanya sekedar janji manis semata. Karena sekarang kita bisa lihat, Situ Rawa Arum yang tadinya hanya sekitar 4 hektar, sekarang lahannya sudah sampai 8,2 hektar. Jadi destinasi wisata Situ Rawa Arum ini memang harus diwujudkan agar masyarakat Cilegon memiliki ikon dan kebanggaan,” pungkasnya. (TKN/Red) 

Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dinas Tenaga Kerja Latih 40 Peserta Calon Satpam Gada Pratama 232 JP

12 Agustus 2022 - 20:46 WIB

Dinas Koperasi dan UMKM Maksimalkan Pembinaan Pelaku UMKM Cilegon

12 Agustus 2022 - 20:37 WIB

Usai Sertijab, Heni Minta Pegawai Segera Bekerja Sesuai Tupoksi

12 Agustus 2022 - 20:25 WIB

Ikut Indonesia Expo, Stand UMKM Cilegon Diminati Pengunjung

9 Agustus 2022 - 17:39 WIB

Walikota Cilegon Tolak Penghapusan Honorer Pada Rakernas APEKSI

8 Agustus 2022 - 21:07 WIB

Ketidak Hadiran Walikota Pada Rapat KUA PPAS Disoal

8 Agustus 2022 - 14:50 WIB

Trending di Pemerintahan
error: Content is protected !!