HARIANBANTEN.CO.ID, CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon menyerahkan langsung bantuan beasiswa Full Sarjana bagi masyarakat Kota Cilegon yang berlangsung di salah satu hotel di Cilegon, Senin (26/12/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan penyerahan beasiswa full sarjana tahun 2022 ini, sebagaimana diketahui bersama bahwa pembangunan pendidikan merupakan bagian utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara nasional dan berkelanjutan. Pembangunan pendidikan mempunyai peranan penting karena di samping sebagai pendukung peningkatan indeks pembangunan manusia juga sebagai investasi jangka panjang diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Sejalan dengan hal tersebut, realisasi janji politik program kartu cilegon sejahtera (KCS) yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026 pemerintah Kota Cilegon telah mengalokasikan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa dari keluarga tidak mampu dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah kota cilegon melalui dinas pendidikan dan kebudayaan kota cilegon dengan target 5000 orang masyarakat cilegon selama 5 (lima) tahun,” ungkapnya.

Secara Simbolis Serah Terima Pendidikan Beasiswa Full Sarjana Dari Pemerintah Cilegon. Senin (26/12).

Heni menyampaikan, pada kesempatan tersebut, beasiswa dan bantuan pendidikan pada tahun 2021 telah diberikan sebanyak 523 orang dari target yang tertuang dalam RPJMD sebanyak 1000 orang telah diberikan pada mahasiswa/i pada 4 perguruan tinggi yang telah berkerjasama dengan pemerintah Kota Cilegon.

“Untuk kampus yang bekerjasama yaitu Untirta, Uin Smh Banten, Unival Dan Sttikom Insan Unggul. Untuk mengejar terpenuhinya target tahunan maka pada tahun 2022 dilakukan mou dengan 15 perguruan tinggi yaitu Universitas Falatehan, Politeknik Krakatau, Politeknik, Aisyiyah, Politeknik Pgri, Universitas Bina Bangsa, Stia Banten, Universitas Banten Jaya, Universitas Serang Raya, Universitas Prima Graha, Universitas Bhakti Kencana, Universitas Terbuka, Universitas Mathla’ul, Muhammadiyah Banten, sekolah tinggi analis kimia dan piksi input serang sehingga ada total 19 Kampus pada tahun 2022,” ucapnya.

Dijelaskannya, pihaknya memverifikasi total 1420 permohonan beasiswa baik jalur MOU perguruan tinggi dan permohonan mandiri dengan kategori prestasi dan tidak mampu dan hasil dari verifikasi ada 1208 penerima beasiswa yang memenuhi persyaratan administratif untuk menerima beasiswa full sarjana pada tahun 2022 ini.

“Kami mengucapkan terima kasih
untuk pihak-pihak yang terlibat seperti,
seluruh sekolah jenjang SMA sederajat,
para Camat, Lurah, RW/ RT, para media dan pihak lainnya yang turut terlibat dalam mensosialisasikan program beasiswa full sarjana ini,” ujarnya.

Ditempat yang sama Walikota Cilegon Helldy Agutian mengatakan, penerima beasiswa full sarjana tahun 2022 besar harapan memberikan manfaat dalam peningkatan indeks pembangunan manusia yang menjadi salah satu tolak ukur sumber daya manusia di Kota Cilegon.

“Ini upaya peningkatan daya saing dalam pemenuhan kebutuhan pasar kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota cilegon sebagaimana yang diamanatkan dalam RPJMD kota cilegon yang sedang kita laksanakan ini,” ungkapnya.

Selain itu, Helldy Agustian menyampaikan terima kasih kepada Dindikbud Kota Cilegon yang sudah merealisasikan program yang masuk ke dalam janji kampanye tersebut.

“Program beasiswa full sarjana adalah program yang berkelanjutan karena telah masuk ke dalam RPJMD. Program ini sebagai salah satu upaya kami untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Cilegon,” ujar Helldy. (HB/Red)