Menu

Mode Gelap
Ada Pulau Merak Kecil dan Besar, Cilegon Punya Potensi Pariwisata Seperti Sentosa Island Gelar Demo, Warga Korban Pemagaran dan Pensiunan KS Minta Walikota Cilegon Hadir di Tengah Permasalahan Layaknya Nyoblos Presiden, Warga Kadipaten Menggelar Pemilihan Ketua RT dan RW Secara Langsung Usai Sukses Gelar Khitan Massal, Sanuji Agendakan Nikah Massal PMK Pada Hewan, Presiden: Segera Berikan Vaksin

Politik · 3 Agu 2022 21:14 WIB ·

Siap-Siap Untuk Diverifikasi, KPU Cilegon Akan Sambangi Kantor Parpol


 Foto bersama KPU Cilegon beserta forkopimda dan perwakilan Parpol usai Sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022 di Hotel The Royale Krakatau Perbesar

Foto bersama KPU Cilegon beserta forkopimda dan perwakilan Parpol usai Sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022 di Hotel The Royale Krakatau

HARIANBANTEN.CO.ID, CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon akan melakukan verifikasi faktual kepada seluruh partai politik (Parpol) yang bakal ikut pada Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Cilegon Eli Jumaeli dalam sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu di Hotel The Royale Krakatau, Rabu (3/8/2022).

“Verifikasi Parpol banyak syarat yang perlu dipenuhi, diantaranya terkait dengan kepengurusan sesuai dengan SK atau tidak, kemudian kantor, data kepengurusan baik NIK, nama, dan sebagainya, termasuk keterwakilan perempuan,” kata Eli kepada wartawan.

Diketahui ada sekitar 40 Parpol yang saat ini terdaftar di KPU RI. Dimana KPU di tingkat daerah perlu melakukan verifikasi mulai dari administrasi hingga verifikasi faktual.

Namun demikian, Eli menyampaikan, KPU di tingkatkan daerah hanya memiliki kewenangan untuk melakukan verifikasi faktual terhadap keberadaan Parpol.

Lebih lanjut Eli menyampaikan, pihaknya akan mendatangi secara langsung sekretariat Parpol. Untuk itu Parpol wajib memiliki sekretariat atau kantor tetap.

“Kantor parpol itu harus menetap, karena kan persyaratan pendaftaran peserta Pemilu itu harus memiliki kantor tetap, nanti data yang diperoleh diinput di Sipol, itu termasuk juga menyertakan lokasi atau alamat kantor tetap, baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, apalagi saat ini juga kan banyak partai baru,” ujarnya.

Eli menambah, PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu yang berlaku saat ini tidak jauh berbeda dengan Pemilu 2019 lalu.

“Ada perbedaan sedikit saja, namun secara keseluruhan bisa dibilang sama ya,” pungkasnya. (TKN/Red) 

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wow Soal Rotasi Mutasi, Partai Berkarya Ikut Ribut, Ada Apa Yah?

8 Agustus 2022 - 21:00 WIB

Tb Iman Blak-Blakan Sebut Nama Lurah di Cilegon Jatah Parpol Tertentu

25 Juni 2022 - 21:47 WIB

Iman Ariyadi Desak DPRD Cilegon Laporkan Dugaan Ketidaknetralan ASN dan Dugaan Bagi-bagi Jatah Lurah

18 Juni 2022 - 21:33 WIB

Berlabuh di Nasdem, Strategi Politik WH Hadapi Pemilu Serentak 2024

16 Juni 2022 - 18:04 WIB

Didukung Dari Hati, Ribuan Emak-emak di Banten Ingin Ganjar Jadi Presiden

12 Juni 2022 - 12:58 WIB

Golkar Cilegon Siap Dukung Helldy-Sanuji, Ini Catatan Yang Diberikan Tb Iman Ariyadi

11 Juni 2022 - 21:21 WIB

Trending di Politik
error: Content is protected !!