HARIANBANTEN.CO.ID, CILEGON – Terkait peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital atau dikenal dengan Analog Swistch Off (ASO) di sejumlah wilayah Jabodetabek dan Banten, termasuk Kota Cilegon pada 3 November 2022 lalu, Kemenkominfo RI menyediakan Set Top Box (STB) gratis melalui Diskominfo Kota Cilegon. Nantinya STB ini akan disalurkan kepada 5300 warga.

“Yang divalidasi itu ada 10 ribu lebih, justru informasi dari kementerian itu tahap pertama cuma 5300 jatah STB gratisnya,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) Kota Cilegon Didin S Maulana.

Dituturkan Didin, untuk pendistribusian STB gratis saat ini baru disalurkan di wilayah Jabodetabek, namun untuk Banten dan Kota Cilegon belum ditentukan waktunya.

“Sekarang itu, Kemenkominfo baru Jabodetabek aja yang didistribusikan, untuk Banten dan Cilegon belum,” tuturnya.

Selain itu, diketahui pihaknya masih menunggu informasi terkait tahapan dan jumlah penyaluran STB gratis kepada warga Kota Cilegon.

“Nah ini saya juga belum jelas, apakah tahap 1 ataukah cuma segitu aja jatah Cilegon, itu warga miskin yang punya TV kalau yang tidak punya tv, tidak kita data tidak kita validasi,” ujarnya. (HB/Red)