HARIANBANTEN.CO.ID – PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) berhasil meraih BUMD Awards 2023 yang digelar Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Jakarta, Jumat 29 September 2023.

Ini adalah penghargaan pertama yang diterima PT PCM pada ajang BUMD Awards. BUMD milik Pemkot Cilegon itu meraih penghargaan dari kategori Aneka Usaha bersama sejumlah BUMD lainnya antara lain PT Jasa Sarana, PT Transportasi Jakarta, Rumah Potong Hewan (RPH) Perumda Dharma jaya, Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Rangkasbitung, PT Pembangunan Jaya Ancol, Perumda Pasar Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya, serta PT Migas Utama Jabar.

Direktur Utama PT PCM Muhammad Willy mengaku bangga bisa meraih penghargaan BUMD Awards untuk pertama kalinya. Kata dia, ada beberapa penilaian mulai dari inovasi, kinerja perusahaan, sinergi dengan BUMD lain, serta dari sisi tata kelola.

“Ini tidak lain berkat dukungan tim, mulai dari Wali Kota Cilegon, jajaran pemerintah daerah, DPRD, mitra bisnis dan lain-lain. Saya hanya naik panggung,” kata Willy, sebagaimana dirilis Dinas Kominfo Kota Cilegon, Jumat 29 September 2023.

Dia berharap pencapaian ini dapat memberikan semangat kepada semua tim di PCCM agar lebih baik lagi ke depan. “Ini sekaligus juga menjadi motivasi bagi kita semua bahwa kalau mau maju dan komitmen, kita bisa dan ada hasilnya,” tegass Willy.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Agus Fatoni dalam sambutannya mengapresiasi BUMD penerima penghargaan tersebut. Dia berharap penilaian dan penganugerahan penghargaan terhadap BUMD diharapkan dapat memotivasi kinerja BUMD seluruh Indonesia.

“Terdapat 1.056 BUMD seluruh Indonesia. Oleh karena itu agar bisa memetakan, bisa mengetahui kinerja BUMD dan juga pembinaan, dilakukan penilaian terhadap kinerja BUMD,” papar Agus, sebagaimana dirilis Dinas Kominfo Kota Cilegon.

Menurut Agus, tujuan penilaian terhadap BUMD ini adalah dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tata kelola dan kinerja BUMD. Selain itu, untuk meningkatkan kinerja dan iklim kompetitif antar BUMD, serta memberikan motivasi kepada pemerintah daerah dalam pengembangan BUMD.

“Kami juga ingin meningkatkan sinergi antar BUMD, asosiasi BUMD dan juga pemerintah daerah, serta mendorong pemerintah dan BUMD untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik,” harapnya.

Dikatakan, ada banyak yang terlibat dalam penilaian BUMD Awards ini. Selain dari pemerintah pusat, juga melibatkan perguruan tinggi dan juga media massa. “Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Kemendagri dan asosiasi BUMD se-Indonesia, serta didukung oleh PT Taspen,” jelasnya.

Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro juga mengapresiasi BUMD yang telah bekerja keras ikut berkontribusi membangun daerah.

“Pemberian penghargaan ini adalah untuk memotivasi BUMD karena ada cita-cita mulia dari kehidupan bernegara ini memberikan kepercayaan BUMD agar dapat menyumbangkan, memperkuat fiskal daerah di APBD, yakni sebelah penerimaannya. Semoga ke depan BUMD lebih berenergi, lebih fokus pada visi dan misi pembentukannya,” katanya. (*)