HARIANBANTEN.CO.ID – Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Kota Cilegon gelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Data Statistik Sektoral, di Aula Setda Kota Cilegon, Senin 2 Oktober 2023. Ini sebagai tindak lanjut MoU antara Pemerintah Kota Cilegon dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini Kepala Diskominfo Kota Cilegon Agus Zulkarnain menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada peserta yang telah hadir. Terutama para Sekretaris Dinas/Badan dari seluruh perangkat daerah beserta operator data.

“Karena rekan-rekan sekalian inilah yang memainkan peran penting sebagai salah satu elemen produsen data,” kata Agus.

Peran dari para produsen data, kata Agus, menjadi sangat strategis dalam penyusunan data statistik sektoral Kota Cilegon, dimana Wali Kota Cilegon menegaskan tentang arti penting tentang menampilkan satu data yang mampu memberikan gambaran tentang pendapatan dan pengeluaran anggaran, pendidikan, kesehatan, serta dapat menampilkan gambaran seluruh aspek pemerintahan daerah.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana penyatu visi kita dalam mewujudkan pengelolaan data yang komprehensif untuk menghasilkan data statistik sektoral yang berkualitas di Kota Cilegon,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Cilegon Riezka Budhi Mustika menegaskan bahwa produsen data dapat mempengaruhi kebijakan.

“Tentunya pengaturan satu data Kota Cilegon sebagai pendoman dalam penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh perangkat daerah yang juga nantinya akan berpengaruh terhadap kebijakan yang diambil,” ungkapnya.

Terakhir, Budhi juga sampaikan data yang berkualitas menunjang pencapaian visi Kota Cilegon.

“Bahwasanya dengan data yang berkualitas akan membantu pimpinan dalam rangka mewujudkan CIlegon Baru, Modern, dan Bermartabat,” pungkasnya. (Red)